Kunci jawaban tugas biologi soal uraian halaman 433 kelas XI semester genap

  1. Perhatikan gambar sistem reproduksi berikut. Sebutkan bagian-bagian yang ditunjukkan oleh label nomor 1,2,3,dan 4, serta jelaskan fungsinya masing-masing.
  2. Sebutkan hormon-hormon yang berperan dalam proses kelahiran.
  3. Mengapa selama hidupnya laki-laki menghasilkan gamet lebih banyak daripada wanita?
  4. Bagaimanakah cara melaksanakan KB (keluarga berencana) bagi pasangan suami-istri yang tidak menggunakan alat kontrasepsi?
  5. Mia memiliki siklus menstruasi normal, yaitu 28 hari. Menstruasi hari ke-1 Mia terjadi pada tanggal 7 mei. Bulan Mei terdiri atas 31 hari. Kapankah Mia akan mengalami ovulasi dan menstruasi berikutnya?
  6. Jelaskan faktor-faktor yang meningkatkan laktasi (produksi, sekresi, dan pengeluaran ASI).
  7. Mengapa ibu yang sedang hamil tidak mengalami menstruasi?
  8. Jelaskan perbedaan gametogenesis pada laki-laki (spermatogenesis) dan pada wanita (oogenesis), berkaitan dengan tempat terjadinya dan hasil akhir pembelahan.
  9. Mengapa wanita hamil yang berusia lebih dari 35 tahun dianjurkan untuk melakukan amniosentesis?
  10. Sering kali kita mendengar berita dari media massa tentang perilaku negatif yang berkaitan dengan sistem reproduksi, terjadi di masyarakat. Bagaimanakah cara anda berpartisipasi dalam mengatasi masalah tersebut?
Jawab:

  1. 1.Ovarium berfungsi sebagai tempat oogenesis, serta menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. 2.Tuba Fallopi berfungsi untuk menggerakkan oosit menuju ke uterus (memerlukan waktu 4-5 hari). 3.Uterus berfungsi sebagai tempat implantasi  zigot dan pertumbuhan janin. 4.Vagina berfungsi sebagai organ kopulasi, serta jalan aliran menstruasi, dan jalan lahir bayi.
  2. Estrogen, Progesteron, LH (luteinizing hormone), FSH (follicle stimulating hormone), GnRH (gonadotropin releasing hormone), HCG (human chorionic gonadotropin), Laktogen plasenta (HPL/human placental lactogen), Tirotropin korionik, Relaksin, Prolaktin, Oksitosin, CRH (corticotropin releasing hormone), Prostaglandin.
  3. Karena laki-laki tidak pernah berhenti memproduksi gamet sedangkan wanita memiliki gamet yang terbatas, tidak dapat di produksi selama hidupnya.
  4. Kontrasepsi alami, dengan sistem kalender (tidak melakukan hubungan seks selama masa subur wanita). Koitus interuptus, pengeluaran penis dari vagina sebelum terjadi ejakulasi. Kontrasepsi kimiawi, misalnya dengan menggunakan jeli, busa, krim, dan supositoria spermisida (pembunuh sperma), zat-zat tersebut bersifat toksik bagi sperma.
  5. Ovulasi Mia adalah 14 hari dari 7 mei, jadi ovulasinya dari tanggal 21 mei-3 juni. Menstruasi Mia adalah 28 hari dari 7 Mei yaitu tanggal 4 juni.
  6. Laktasi dipengaruhi oleh beberapa hormon seperti prolaktin dan somatomammotropin korionik yang merangsang perkembangan kelenjar mamae dengan menyintesis enzim-enzim untuk memproduksi susu. Penurunan mendadak estrogen dan progesteron akibat keluarnya plasenta saat kelahiran, akan memicu laktasi. Oksitosin merangsang pengeluaran susu.
  7. Menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim yang sebelumnya telah mengalami penebalan untuk menunjang kehidupan janin. Jika sel telur yang telah di buahi tidak menempel pada endometrium, maka endometrium akan luruh. Namun, ketika sel telur yang telah di buahi menempel pada endometrium, maka endometrium tidak akan luruh, sehingga  ibu hamil tidak akan mengalami menstruasi.
  8. Spermatogenesis terjadi di tubulus seminiferus dalam testis. Spermatogenesis memerlukan waktu sekitar 74 hari dan menghasilkan 4 spermatid. Oogenesis terjadi di ovarium. Oogenesis di mulai saat kehidupan janin belum lahir, setelah lahir, masa pubertas hingga masa produktif sebelum menopause. Oogenesis menghasilkan satu ovum dan tiga badan polar.
  9. Amniosentesis adalah teknik pengambilan cairan amnion sehingga dapat di analisis secara genetik dan biokimia untuk mendeteksi adanya kelainan genetik. Wanita berusia di atas 35 tahun memiliki kualitas sel telur yang sudah kurang baik dan cenderung memiliki kemungkinan mutasi besar.
  10. -mengadakan penyuluhan tentang bahaya seks bebas dan pernikahan dini. -membuat poster untuk mendukung program KB (keluarga berencana). -mengajak masyarakat untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu BTS (방탄소년단)-봄날 (spring day) Hangul / Romanization